8 Tips makanan dan aktivitas yang baik untuk tubuh dan kesehatan

Dari referensi yang di ambil dari Healthline.com, berikut di bawah disimpulkan 8 tips kesehatan dan gizi yang didasarkan pada ilmu pengetahuan yang telah terbukti.

1. Jangan minum gula berkalori berlebihan

Minuman manis adalah hal paling mudah membuat tubuh Anda gemuk. Hal ini karena kalori gula cair tidak sama dengan kalori dari makanan padat. Ketika Anda minum soda, Anda akan makan lebih banyak kalori total. Minuman manis sangat terkait dengan obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung dan segala macam masalah kesehatan. Perlu diingat bahwa jus buah hampir sama buruknya dengan soda dalam hal ini. Mereka mengandung gula sama banyaknya dan sejumlah kecil antioksidan.

2. Makan kacang-kacangan

Meskipun tinggi lemak, kacang sangat bergizi dan sehat. Mereka sarat dengan magnesium, vitamin E, serat dan berbagai nutrisi lainnya. Studi menunjukkan bahwa kacang dapat membantu Anda menurunkan berat badan, dan mungkin membantu memerangi diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Selain itu, sekitar 10-15% kalori dalam kacang-kacangan tidak bahkan diserap ke dalam tubuh, dan beberapa bukti menunjukkan bahwa mereka dapat meningkatkan metabolisme.

Dalam satu studi, dengan mengkonsumsi Almond dapat menurunkan berat badan 62% dibandingkan dengan karbohidrat kompleks

3. Jangan takut minum kopi

Selama ini kopi dianggap sebagai minuman yang tidak sehat, namun sebenarnya adalah bahwa minum kopi benar-benar sangat sehat, asalkan dengan tambahan gula yang tidak berlebihan dan juga tidak menggunakan krimmer.

Kopi mengandung antioksidan tinggi, dan penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi hidup lebih lama, dan penurunan risiko diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, Alzheimer dan banyak penyakit lainnya.

4. Banyak makan ikan, makan cukup Protein, makan telur dan jangan buang kuning telur

Semua orang setuju bahwa ikan sehat. Hal ini terutama ikan laut berlemak seperti salmon, yang sarat dengan omega-3 asam lemak dan berbagai nutrisi lainnya.

Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang makan ikan kebanyakan memiliki risiko lebih rendah dari segala macam penyakit, termasuk penyakit jantung, demensia dan depresi.

Makan cukup protein sangat penting, dan banyak ahli percaya bahwa asupan harian yang direkomendasikan masih terlalu rendah. Protein sangat penting untuk menurunkan berat badan dan dapat meningkatkan metabolisme secara signifikan. Makan banyak protein juga dapat menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah.

Seluruh telur sangat bergizi dan sering disebut sebagai”multivitamin.”

Adalah mitos yang mengatakan bahwa konsumsi telur akan meniingkatkan kolesterol. Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi telur tidak berpengaruh pada kolesterol darah dalam mayoritas orang.

Selain itu, sebuah studi tentang tinjauan terhadap 263,938 orang menunjukkan bahwa konsumsi telur tidak terkait dengan risiko penyakit jantung.

Telur adalah salah satu makanan yang paling bergizi di planet ini, dan kuning telur adalah dimana hampir semua nutrisi ditemukan. Membuang kuning telur adalah nasihat terburuk dalam sejarah gizi.

5. Cukup tidur dan hindari lampu terang sebelum tidur

Cukup tidur berkualitas terbukti sangat penting, mungkin sama pentingnya dengan diet dan latihan olah raga. Kurang tidur dapat membuat resistensi insulin, merusak hormon nafsu makan dan mengurangi kinerja fisik dan mental anda.

Kurang tidur merupakan salah satu faktor risiko menaikkan berat badan dan membuat obesitas. Satu studi menunjukkan bahwa tidur pendek dikaitkan dengan 89% peningkatan risiko obesitas pada anak-anak, dan 55% orang dewasa.

Ketika kita sedang terkena lampu terang di malam hari, ini mengganggu produksi melatonin hormon tidur. Dengan tidur dalam keadaan gelap atau lampu redup akan memungkinkan melatonin diproduksi dan membantu Anda tidur lebih baik

6. Rawat kesehatan usus Anda dengan probiotik dan serat

Gangguan dalam bakteri usus yang terhubung ke beberapa penyakit kronis paling serius di dunia, termasuk obesitas.

Cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan usus, adalah untuk memakan makanan probiotik (seperti  yoghurt dan kubis) dan memakan banyak makanan yang mengandung serat. Serat berfungsi sebagai bahan bakar untuk bakteri usus.

Sayur dan buah merupakan makanan kesehatan yang baik, mereka sarat dengan Prebiotik serat, vitamin, mineral dan segala macam antioksidan, beberapa di antaranya memiliki efek biologis yang kuat.

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan banyak sayuran dan buah-buahan hidup lebih lama, dan memiliki risiko lebih rendah dari penyakit jantung, tipe 2 diabetes, obesitas dan segala macam penyakit.

7. Cukup minum air, terutama sebelum makan

Cukup minum air dapat memiliki berbagai manfaat. Salah satu faktor penting untuk  membantu meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar.

Menurut studi, minum cukup air dapat meningkatkan metabolisme sebesar 24-30% selama periode 1-1,5 jam. Ini dapat mencapai 96 tambahan kalori yang terbakar jika Anda minum 2 liter (67 oz) air per hari.

Waktu terbaik untuk minum air adalah setengah jam sebelum makan. Satu studi menunjukkan bahwa setengah liter air, 30 menit sebelum makan, menurunkan berat badan 44%.

8. Dapatkan vitamin D dari sinar matahari

Vitamin D bisa diperoleh dengan mudah dari sinar matahari. Masalahnya hari ini adalah bahwa kebanyakan orang-orang di perkotaan tidak mendapatkan banyak sinar matahari.  Sebagian dari kita bahkan enggan keluar dari rumah atau keluar kantor karena mengindari panas teriknya matahari .

Jika paparan sinar matahari yang memadai bukanlah pilihan untuk Anda, melengkapi dengan vitamin D telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Vitamin D erat kaitannya dengan peningkatan kesehatan tulang, peningkatan kekuatan, mengurangi gejala depresi dan resiko yang lebih rendah dari kanker. Vitamin D juga dapat membantu Anda hidup lebih lama. Cara yang paling baik mendapatkan vitamin D adalah dengan mengkombinasikannya dengan latihan kardio, yaitu dengan berjalan dengan kecepatan tetap lebih sering di bawah sinar matahari. Latihan ini juga akan meningkatkan kesehatan metabolisme kita. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *